0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

MUSE School adalah sekolah vegan pertama di Amerika, lokasi tepatnya di Calabasas, California, US. Sekolah ini diperuntukkan bagi anak-anak hingga usia 12 tahun dan mengusung konsep ke-sustainable-an. MUSE School sudah dibuka sejak tahun 2006 oleh Suzy Amis Cameron, istri dari seorang sutradara dan produser film terkenal bernama James Cameron.

 

Kisah didirikannya sekolah ini sebenarnya berawal pada tahun 2005. Sebagai seorang aktivis lingkungan yang berdedikasi sekaligus ibu dari lima anak, Suzy Amis Cameron sangat mendambakan adanya edukasi bagi generasi muda yang dapat mengasah passion mereka dan menjadikan mereka sebagai individu yang sadar lingkungan. Ia memimpikan hal tersebut dalam wujud kampus yang sustainable.

 

Untuk mewujudkan mimpinya itu, Suzy bekerja sama dengan saudara perempuannya, Rebecca Amis. Setelah mendirikan sekolah pusat anak-anak di Midwest, Suzy merasa Rebecca adalah partner yang sempurna karena memiliki latar belakang pendidikan dalam bidang perkembangan dan psikologis anak.

 

Selain itu, Rebecca juga sudah memiliki pengalaman mengajar di tingkat perguruan tinggi.  Keduanya lalu mendirikan MUSE School–sebuah sekolah yang dirancang untuk memusatkan perhatian pada para siswa-siswinya, masyarakat, dan bumi.

 

Mulanya MUSE memulai dengan 11 orang siswa taman kanak-kanak (TK) dan siswa SD secara sederhana. Lingkungan pusat anak-anak berada di sebuah gedung sekolah yang hanya memiliki satu ruangan saja, berlokasi di Las Flores Canyon. Meskipun ukurannya kecil, MUSE dengan cepat membuat sekolahnya dikenal dalam skala nasional dan seluruh dunia atas inovasinya terhadap pendekatan edukasi.

 

Dalam jarak waktu satu dekade setelah didirikan, MUSE semakin tumbuh dan berkembang menjadi dua kampus di Malibu Canyon. Misi yang diemban MUSE pun semakin meluas hingga mencapai siswa sekolah yang lebih tinggi (anak usia hingga 18 tahun). Sekolah ini masih terus melanjutkan misinya untuk mengobarkan semangat unik anak-anak dan membina mereka yang akan menjadi pemimpin dunia di sekitar mereka.

 

Yang paling utama, MUSE selalu mengajarkan para siswanya untuk mencintai lingkungan sekitar. Sekolah ini digambarkan sebagai sebuah “utopia”, di mana anak-anak belajar menghargai alam dan menikmati adanya perbedaan. Para siswa diperbolehkan untuk memutuskan apa yang akan mereka pelajari berdasarkan kesukaannya. Dalam sekolah ini tercatat telah memiliki 146 siswa pada bulan Juni 2015 lalu, termasuk ketiga anak Suzy.

 

Di sekolah ini, anak-anak dan para staf menanam sendiri buah-buahan dan sayur-mayur yang merupakan bahan dasar makanan yang disediakan di sana. Program tersebut disebut sebagai Seed-to-Table, sebuah program yang mengajarkan para siswa untuk memahami cara menanam dan memetik buah dan sayuran lalu menyiapkan makanan dari bahan-bahan tersebut. Terdapat sekitar 200 macam tanaman yang dibudidayakan dalam program ini.

 

Para siswa di MUSE dibiasakan untuk memakan makanan berbahan dasar tanaman tidak lain karena alasan lingkungan. Mereka harus memahami betapa banyak tanah dan air yang dibutuhkan untuk menghasilkan satu pon daging sapi yang biasa dijadikan bahan makanan.

 

Pihak sekolah berpendapat bahwa seseorang tidak bisa menyebut dirinya sustainable jika masih mengonsumsi makanan dengan cara tersebut. Sejalan dengan itu, Suzy pun beranggapan bahwa seseorang tidak dapat menyebut dirinya seorang pecinta lingkungan jika masih memakan hewan.

 

Berdasarkan laporan yang diterbitkan oleh Worlwatch Institute, secara mengejutkan 51% atau lebih dari emisi gas rumah kaca global disebabkan oleh peternakan hewan. PBB juga mengatakan bahwa perubahan global terhadap diet vegan merupakan hal yang diperlukan untuk melawan dampak terburuk perubahan iklim. Untuk itu, kebiasaan memakan makanan berbahan dasar tanaman harus dimulai sejak dini.

 

Tidak hanya program makanannya saja yang sustainable, bangunan sekolah ini juga didesain agar ramah lingkungan. Kampus di Malibu Canyon berdiri di atas tanah seluas 22 hektar. Sebelum digunakan sebagai MUSE School, bangunan tersebut pernah digunakan oleh sebuah sekolah yang didirikan Will Smith–seorang aktor, produser, rapper, komedian, dan penulis lagu Amerika.

 

Pada bulan Mei 2015, sebanyak lima menara panel surya berbentuk bunga matahari rancangan James Cameron dipasang di MUSE. Setiap panel tersebut mampu menghasilkan listrik sebanyak 300 kWh. Panel-panel tersebut akan memenuhi 75% hingga 100% kebutuhan listrik sekolah, tergantung pada ketersediaan radiasi dan kebutuhan radiasi yang diperlukan.

 

Konstruksi bangunan yang secara ekologis sustainable dan  penyediaan menu makanan vegan membuktikan bahwa keluarga Suzy bersungguh-sungguh dalam membuat perubahan yang lebih baik, terutama dalam sektor lingkungan. Semakin banyak orang yang seperti mereka, bumi ini akan semakin lama bertahan hidup. Jika Anda bingung untuk memulai, diet vegan bisa menjadi gerakan pertama seperti yang dianjurkan MUSE School.

 

muse school muse school muse school muse school

Bagikan ini: