0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Sinem Celik, wanita cantik adalah salah satu penggerak fashion berkelanjutan di Turki. Ia merupakan yang yang merupaan pemilik BluProjects, sebuah perusahaan konsultan yang berbasis di Istanbul yang menghubungkan perusahaan dan orang-orang menginginkan denim yang lebih bersih dan sumber yang bijaksana.  Desain produk untuknya adalah kuncinya

 

Seperti kita ketahui, dari seluruh output industri, denim pasti adalah jenis fashion yang paling populer. Dengan demikian, jeans atau denim, secara mengejutkan, memimpin industri fashion berkelanjutan saat ini. Ketika kita melihat seluruh rantai pasokan di industri denim, tidak ada keraguan bahwa kita sedang menyaksikan revolusi kea rah yang berkelanjutan. Alternatif benang yang ramah lingkungan,  proses indigo dan proses pembuatan yang berdampak rendah terhadap kerusakan lingkungan membantu menetapkan standar baru tanpa mengurangi estetika produk akhir.

 

Sinem Celik dan Inovasi Desain Denim

Sementara para pemilik merek berusaha untuk mencocokkan kebutuhan konsumen yang sangat sadar akan masa depan bumi, inovasi berkelanjutan telah menjadi diskusi utama. Upaya dari semua tingkatan rantai pasokan juga cukup menjanjikan. Namun, satu masalah utama masih diabaikan yaitu desain berkelanjutan. Desain adalah titik awal dari semua produk di sekitar kita. Keputusan desain membuat kehidupan sehari-hari kita mudah, tetapi mereka juga membentuk proses di balik produk yang kita gunakan, bahan dan energi yang dibutuhkan untuk membuatnya, dan apa yang terjadi pada pakaian tersebut ketika kita tidak lagi membutuhkannya.

 

Merek-merek besar mencari cara untuk menurunkan dampaknya dan fokus secara aktif pada model-model ritel baru, dari rental hingga koleksi digital. Namun, dampak dari siklus desain itu sendiri belum ditangani. Sampah, yang merupakan salah satu faktor utama dalam agenda keberlanjutan, biasanya dianggap dari sudut pandang konsumen.

 

Memang benar bahwa 65% dari semua produk tekstil berakhir di tempat pembuangan sampah setiap tahun. Namun, bagaimana dengan limbah yang dihasilkan oleh siklus desain dan pengembangan produk dari rantai pasokan setiap musimnya? Pertimbangkan banyaknya pabrik, produsen garmen, dan merek di dunia yang kompetitif ini, dan bayangkan volume limbah pra-konsumen yang dihasilkan. Dengan siklus mode menjadi lebih cepat dan pasar mendorong lebih banyak, tantangannya adalah untuk mengadopsi filosofi “less is more.”

 

Ketika industri menjadi lebih berorientasi pada tujuan, desain yang berkelanjutan akan menjadi sama pentingnya dengan produk akhir. Kehidupan setelah setiap desain baru harus dipelajari dengan hati-hati, dan bahan dan keputusan proses harus dibuat dengan cermat pada kriteria lingkungan.

 

Dengan perlunya model-model desain baru dan fakta bahwa industri fashion bergerak menjauh dari desain tradisional, pelatihan para desainer masa depan juga menjadi penting. Pendidikan desain fashion saat ini tidak berorientasi keberlanjutan. Namun, semakin banyak sekolah mode yang merasa bertanggung jawab untuk menempatkan desain lingkungan sebagai inti pengajaran mereka.

 

Sangat menjanjikan bahwa desain mode untuk keberlanjutan mulai dikenal dengan baik oleh universitas dan bisnis, dan yang lebih penting, oleh mahasiswa dan pendatang baru di industri ini.

 

BluProjects dari Sinem Celik

Sementara model desain tanpa limbah menjadi standar baru, tidak heran kita melihat kecenderungan untuk fokus pada alam. Biomimikri, yang merupakan pendekatan dalam desain dan sistem teknik, meneliti model di alam dan meniru atau menarik inspirasi dari desain ini untuk memberikan solusi untuk masalah orang. Dalam industri fashion, ada sekelompok desainer dan produsen pakaian yang sedang berkembang yang kini beralih ke alam untuk membantu mengembangkan pakaian yang penuh perhatian. Jadi, pada akhirnya, alam yang indah ini telah menjadi sumber inspirasi. Semuanya dimulai dengan satu keputusan tunggal, mari kita gunakan kekuatan desain produk untuk sesuatu yang lebih baik. Sinem Celik dengan blu projectnya ikut membantu menciptakan fashion yang lebih ramah terhadap bumi.

 

sinem celik sinem celik sinem celik sinem celik sinem celik

Bagikan ini: