0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Gerakan slow fashion semakin sering di gaungkan terutama di kalangan para pencinta lingkungan. Seperti kita ketahui , fashion adalah pemberi limbah terbanyak nomor dua di dunia setelah minyak. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang gerakan slow fashion, penting untuk mengetahui terlebih dahulu hal tersebut bertentangan dengan gagasan fast fashion.

 

Fast fashion adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pakaian yang diproduksi oleh industri fashion yang biasanya dari bahan yang lebih murah dan tidak tahan lama karena kurangnya kualitas. Untuk membuat Anda lebih memahami tentang definisi slow fashion dan mengapa Anda harus serta didalam slow fashion tersebut, kami telah menyusun daftar 5 alasan utama mengapa gerakan ini akan bermanfaat bagi Anda dan dunia di sekitar Anda.

 

Alasan Mengapa Memilih Mendukung Gerakan Slow Fashion

  1. Mementingkan kualitas diatas kuantitas

Seperti halnya di dalam  pilihan hidup, tentunya kita  akan lebih memilih kualitas daripada kuantitas. Makanan yang berkualitas tinggi, hubungan yang lebih berkualitas, pengalaman yang berkualitas. Sehingga perlu di tanyakan lagi kepada diri kita masing masing mengapa kita harus berhenti  dan tidak mementingkan kualitas di pakaian yang kita kenakan?

 

Pergerakan slow fashion yang menghasilkan pakaian yang kualitasnya jauh lebih tinggi daripada produk ‘fast fashion’. Hal ini terutama disebabkan oleh waktu dan upaya ekstra yang dilakukan untuk menciptakan produk secara lambat serta penggunaan bahan & sumber daya organik yang lebih berkualitas di bandingkan fast fashion.

 

  1. Hal ini akan menghemat uang Anda

Tentu saja, barang yang Anda beli dari industri slow fashion akan lebih mahal pada awalnya, namun, daripada harus membuang t-shirt karena kehilangan bentuknya dalam waktu kurang dari sebulan, pakaian slow fashion Anda akan ada selama bertahun-tahun yang akan datang, berarti Anda akan menghemat uang dalam jangka panjang. Selain itu dengan berkurangnya membeli pakaian dan membuang pakaian yang tidak di pakai lagi tentunya akan mengurangi limbah pakaian di dunia ini.

 

Gerakan Slow Fashion Bukanlah Sekadar Pilihan

  1. Memilih slow fashion akan menyederhanakan hidup Anda

Apakah Anda pernah melihat ke dalam lemari pakaian Anda dan melihat berbagai macam pakaian dan masih tidak tahu harus mengenakan apa dan yang mana? Masalah di balik industri ‘fast fashion’ adalah Anda harus membeli apa pun yang merupakan ‘tren terbaru’, bahkan jika Anda tidak terlalu menyukainya namun karena lingkungan mengatakan bahwa hal tersebut adalah tren terbaru sehingga mau tidak mau anda ingin mengikuti tren dan ikut membeli.

 

Industri slow fashion telah memberikan kebahagiaan yang manis karena pengambilan keputusan yang kurang dalam kehidupan sehari-hari karena memaksa Anda untuk memilih barang yang benar-benar Anda sukai, membuat kehidupan sehari-hari Anda jauh lebih mudah.

 

  1. Slow fashion menurunkan jejak karbon keseluruhan Anda

Proses fast fashion yang banyak menggunakan pestisida dan bahan kimia yang sangat berbahaya dalam pertumbuhan bahan mereka, tidak hanya berbahaya bagi lingkungan tetapi juga dapat memengaruhi para petani yang bekerja dengan produk-produk ini. Merek slow fashion lebih memilih menggunakan bahan yang aman dan  menggunakan kapas organik yang berarti 100% bebas pestisida. Tentu saja, ada manfaatnya bagi Anda dalam hal ini karena Anda tidak ingin bahan kimia jahat ini pada kulit Anda setiap hari.

 

  1. Produksi mode lambat adalah 100% transparan

Fakta  yang menyedihkan adalah bahwa industri pakaian cepat begitu kompleks, hampir tidak mungkin untuk mengetahui nama-nama produsen merek pakaian tersebut. Sebagai perbandingan, merek slow fashion adalah 100% transparan, artinya Anda dapat dengan mudah mengetahui perusahaan dan nama orang yang telah bertani, mendesain, dan memproduksi sepotong pakaian yang pada akhirnya Anda kenakan. Sama seperti Anda ingin tahu dengan banyak aspek lain dari hidup Anda, gerakan slow fashion memberi Anda kesempatan yang sama.

 

Semoga setelah membaca artikel ini, Anda telah mendapatkan pemahaman tentang perbandingan antara mode lambat vs mode cepat dan apa manfaat slow fashion yang dapat diberikannya kepada lingkungan dan masyarakat.

 

Gerakan slow fashionGerakan slow fashion Gerakan slow fashion Gerakan slow fashion Gerakan slow fashion

Bagikan ini: