0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Ian Joseph Somerhalder atau lebih di kenal sebagai Ian Somerhalder lahir pada tanggal 8 Desember 1978 di Covington, Louisiana, Amerika Serikat. Ia adalah seorang aktor, model, dan produser dan mulai dikenal publik lewat perannya sebagai Boone Carlyle dalam serial televisi Lost.

 

Somerhalder adalah putra dari Edna dan Robert Somerhalder. Ayahnya, adalah seorang kontraktor bangunan dan ibunya Edna adalah seorang terapis pijat. Sejak kecil ia dibesarkan dalam ajaran agama Katolik dan bersekolah di St. Paul’s, Covington. Wajahnya yang tampan membuat ia  menekuni dunia model sejak kecil selama tiga tahun sejak berumur 10 tahun dan di saat ia berusia 17 tahun ia memutuskan untuk terjun menekuni dunia akting.

 

Ian Somerhalder dan ISF Foundation

Mantan kekasih Nina Dobrev ini tidak hanya menawan namun juga memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan. Ia bahkan mendirikan Ian Somerhalder Foundation yang sangat berfokus pada kesejahteraan lingkungan hidup, mulai dari masalah air bersih, global warming, satwa liar, hingga anjing dan kucing jalanan. Lewat website www.isfoundation.com , ia membagi banyak info soal lingkungan.

 

Setelah penantian selama hampir 4 tahun sejak tahun 2010,  ISF foundation resmi membuka sebuah tempat perlindungan untuk hewan yang di buang, disalahgunakan, tidak diinginkan atau bahkan diabaikan oleh pemiliknya. Tempat tersebut berada di tempat kelahirannya di Louisiana, Amerika Serikat.  Sebelumnya mereka menghadapi hambatan termasuk mengamankan sebidang tanah dan mengumpulkan dana yang cukup agar tempat perlindungan hewan tersebut bisa beroperasi dengan benar.

 

Lewat yayasannya dia mengumpulkan dana dan mendirikan ISF animal sanctuary. Uniknya di program ini, Ian menggabungkan antara hewan dengan isu bullying. Ian melihat ada hubungan antara bullying dengan kecintaan sama hewan. Lewat program ini dia ingin para pembully berkenalan dengan binatang untuk bisa belajar soal kasih sayang.

 

Ian mempunyai tiga ekor kucing yang semuanya adalah adopsi.  Ia menemukan kucingnya yang bernama Moke  di hutan di Hawaii sewaktu ia sedang syuting di sana. Kucing lainnya yang bernama Thursday ditemukannya di ruang bawah tanah di New York sedangkan kucing yang satunya ia temukan di Kanada.

 

Ian Somerhalder Berkampanye lewat Twitter

Twitter juga menjadi alat buat Somerhalder menunjukkan kepedulian pada lingkungan dan hewan. Ian pernah mengkampanyekan anti sirip hiu dan puppy mills atau peternakan anak anjing.  Beberapa tahun lalu, ia rajin mentwit soal nasib seekor macan bernama Tony yang hidup di Louisiana. Macan ini dikurung di kandang sempit untuk menarik perhatian turis dan ia  mengajak semua orang termasuk fansnya untuk menandatangani petisi agar Tony dilepaskan. Aksi ini berhasil hingga macan bisa diselamatkan dan sekarang tinggal di penangkaran hewan di Tampa, Florida.

 

Somerhalder berkata bahwa hewan seharusnya tinggal sesuai habitatnya karena ia sering merasa sedih melihat binatang yang diletakkan di kandang kecil demi kepuasan manusia semata. Ian juga pernah berpartisipasi pada festival bertema anjing dan acara ini merupakan acara pencarian dana untuk membiayai tempat penampungan anjing yang ada di seluruh Amerika.

 

Salah satu hewan  yang juga mendapat perhatiannya adalah penyu jenis leatherback. Leatherback sea turtle adalah salah satu hewan laut yang terancam punah. Mereka merupakan satu-satunya spesies penyu tertua di dunia yang ada sejak 100 tahun lalu. Ian menunjukkan kepeduliannya dengan menjadi host untuk film dokumenter Discovery Planet Green’s Blue.

 

Usaha Somerhalder tidak hanya berhenti sampai di situ, dia mengaspirasikan kepeduliannya hingga ke kongres dan lewat pidato selama lima menit, ia meminta agar pemberian dana untuk multinational species conservation diperpanjang. Perjuangannya tidak sia-sia dan ia menerima Gretchen Wyler Award yang diberikan kepada mereka yang bekerja keras demi kepedulian terhadap hewan. Two thumbs up, Ian Somerhalder.

 

ian somerhalder ian somerhalder ian somerhalder ian somerhalder

Bagikan ini: