0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Robert Kelly Slater atau lebih dikenal dengan nama Kelly Slater lahir di Cocoa Beach , Florida, Amerika Serikat pada tanggal 11 Februari 1972. Ia adalah seorang peselancar profesional Amerika, penulis, aktor, model, aktivis lingkungan, pengusaha, dan inovator. Banyak yang mengenalnya sebagai sebagai juara dunia selancar 11 kali, namun tak banyak yang mengenalnya sebagai salah satu yang memberikan perubahan pada dunia mode berkelanjutan.

 

Ia meninggalkan merek yang telah lama mensponsorinya Quiksilver dan membangun mereknya sendiri dengan fokus ke material alami. Mereknya yaitu Outerknown dimulai dengan  melakukan kolaborasi bersama desainer John Moore. Merek ini menawarkan pakaian kasual pria dengan kualitas tinggi. Setiap rancangan pakaian tersebut baik di dalam pembuatan mau pun proses produksi berusaha menjaga Bumi dan orang-orang yang hidup di dalamnya.

Slater menggunakan bahan-bahan yang dibuang oleh merek-merek fashion lain. Salah satu contohnya adalah Econyl, kain yang digunakan untuk celana renang Outerknown. Kain tersebut terbuat dari jaring ikan yang telah di daur ulang.

 

Masa Kecil dari Kelly Slater

Slater tumbuh di Cocoa Beach, Florida dan masih tetap tinggal di sana. Dia adalah putra dari Judy Moriarity dan Stephen Slater dan memiliki dua saudara lelaki, Sean dan Stephen, dan seorang putri, Taylor, yang lahir pada tahun 1996.

 

Ia adalah anak dari pemilik toko umpan sehingga ia tumbuh di dekat air, dan dia mulai berselancar pada usia lima tahun. Pada usia 10 tahun ia memenangkan pertandingan dan pada 1984 ia memenangkan gelar kejuaraan Amerika Serikat divisi usia pertamanya. Dua tahun kemudian ia menempati posisi ketiga di divisi junior di kejuaraan amatir dunia di Inggris, dan ia memenangkan kejuaraan junior Piala Pasifik di Australia pada tahun berikutnya.

 

Setelah menjadi peselencar profesional pada tahun 1990, kemenangannya di Master Pipeline bergengsi di Hawaii mengamankan gelar dunia pertamanya, dan pada usia 20 ia menjadi juara dunia selancar termuda yang pernah ada. Dia kemudian beristirahat dari selancar kompetitif pada akhir 1998.

 

Kelly Slater dan Kepedulian Pada Lingkungan

Slater adalah salah satu penganjur gaya hidup yang berkelanjutan dan mengkampanyekan  hidup sehat dengan salah satunya menghindari makanan yang mengandung GMO. Ia berkata bahwa ia sangat tertekan tentang keadaan dunia dan masa depan dalam hal polusi dan kemanusiaan. Dia melihat dirinya sebagai seorang pejuang perang salib dan berharap dapat memberikan bantuan bagi penderitaan yang di alami oleh Ibu Pertiwi.

 

Selain itu ia merasa perlu lebih mengkampanyekan tentang kepedulian lingkungan. Ia merasa media sosial adalah hal yang paling mudah untuk meningkatkan kepedulian sosial karena menyoroti lebih banyak hal secara lebih cepat serta menjangkau lebih banyak orang.

 

Hal ini memberi tekanan pada orang yang melakukan sesuatu yang merusak lingkungan. Salah satu contoh adalah  penangkapan ikan dengan menggunakan dinamit yang terjadi di pulau Kandui di Indonesia dan ia langsung melakukan tweet tentang hal tersebut. Tak lama kemudian kejadian tersebut berhenti pada hari berikutnya. Ia tidak tahu apakah tweetnya adalah alasannya, tetapi perahu polisi datang untuk melihat dan menghentikan kejadian penggunaan bahan peledak tersebut.

 

Slater selalu berusaha melestarikan lautan secara global dan melindungi terumbu beriklim di California melalui hubungannya dengan Reef Check. Selain itu ia juga berada di Dewan Penasihat Advokasi Laut dari organisasi konservasi laut Sea Shepherd Conservation Society. Pada 8 Mei 2010, Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat memberikan penghargaan atas pencapaiannya yang luar biasa dan belum pernah terjadi sebelumnya di dunia selancar dan untuk menjadi duta olahraga dan panutan yang luar biasa . Hal ini menunjukkan bahwa Kelly Slater adalah salah satu orang yang peduli terhadap lingkungan.

 

kelly slater kelly slater kelly slater kelly slater kelly slater kelly slater kelly slater kelly slater

Bagikan ini: