0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Lois Gibbs lahir pada tanggal 25 Juni 1951. Kepedulian dan kecintaannya pada lingkungan membuatnya selalu tergerak untuk membela lingkungannya . Karirnya sebagai seorang aktivis di mulai sejak tahun 1978 dimana ia menemukan bahwa sekolah dasar tempat  putranya menuntut ilmu  di Niagara Falls, New York ternyata dibangun di atas pembuangan limbah beracun.

 

Investigasi yang telah di lakukan mengungkapkan bahwa seluruh lingkungannya, yang bernama Love Canal, telah dibangun di atas tempat yang beracun ini. Lois tidak tinggal diam lalu turun ke lingkungan sekitarnya  dan mengatur gerakan akar rumput. Ia berjuang selama bertahun-tahun untuk melawan pemerintah negara bagian dan federal demi lingkungan love canal yang bersih dan tidak beracun lagi.

Walaupun dengan hanya pendidikan sekolah menengah dan tidak ada pelatihan formal, Gibbs berhasil mendirikan Asosiasi Pemilik Rumah Love Canal (LCHA) pada bulan Agustus 1978 dan mulai mengatur rapat umum, menggalang dana, melakukan penelitian, protes di panggung, memanfaatkan media, membuat pidato publik, dan menentang pemerintah.

 

Perjuangan dari Lois Gibbs

Setelah bertahun-tahun bertempur, hampir 1.000 keluarga bisa dievakuasi dan pembersihan love canal tersebut dimulai secara besar-besaran. Upaya Gibbs tidak hanya berhenti disitu saja, tapi perjuangannya mengarah pada penciptaan Undang-Undang Komprehensif, Kompensasi, dan Pertanggungjawaban terhadap lingkungan yang  Komprehensif.

 

Ia berkeinginan terbentuknya superfund di dalam Badan Perlindungan dan Lingkungan Amerika Serikat yang bergerak  untuk membersihkan tempat limbah beracun di seluruh penjuru di Amerika Serikat.

 

Gibbs melanjutkan untuk membentuk pusat krisis lingkungan akar rumput, Pusat Kesehatan, Lingkungan dan Keadilan, di mana dia saat ini menjabat sebagai Direktur Eksekutif di tempat tersebut.

 

Love Canal dianggap sebagai salah satu bencana lingkungan terburuk di negara ini, dan hati Gibbs yang tak kenal takut serta kepemimpinannya yang feminin telah mengubah cara Amerika Serikat menangani situs limbah beracun, dan untuk itu, komunitas saat ini tentunya  lebih sehat dan lebih aman.

 

Pada tahun 1981, ia mendirikan Lembaga Pembersihan Limbah nirlaba yang bertujuan untuk membantu melatih dan mendukung aktivis lokal dengan pekerjaan lingkungan mereka. Dia terus bekerja di dalam organisasi tersebut. Organisasi tersebut lalu berganti nama menjadi Pusat Kesehatan, Lingkungan, dan Keadilan  atau disingkat menjadi CHEJ.

 

Masa Kecil dari Lois Gibbs

Lois Marie Conn adalah nama gadisnya dan ia tumbuh dengan lima saudara kandung di komunitas pekerja  di Grand Island, New York. Ayahnya adalah seorang tukang batu yang bekerja di pabrik baja.  Ibunya bekerja sebagai ibu rumah tangga penuh waktu.

 

Sebagai seorang anak, Gibbs adalah anak yang  sangat pemalu; ia tidak berpartisipasi dalam kegiatan sekolah atau bermain olahraga tetapi lebih banyak menghabiskan banyak waktu luangnya untuk menikmati hobi favoritnya yaitu menjahit.

 

Tak lama setelah ia  lulus dari sekolah menengah pada tahun 1969, ia menikahi dengan suami pertamanya, Harry Gibbs. Suaminya adalah seorang pekerja kimia. Pasangan tersebut lalu  memiliki dua anak yaitu Michael dan Melissa. Di tahun 1972 mereka pindah ke rumah dengan tiga kamar tidur di Love Canal untuk mewujudkan impian Amerikanya.

 

Sampai saat ini ia terus membantu mengorganisir kampanye sampai ke akar rumput yang  cukup sukses, banyak di antaranya berfokus untuk melindungi kesehatan dan keselamatan anak-anak dan masyarakat yang berisiko tinggi. Selain itu Lois Gibbs  juga memberdayakan warga di seluruh Amerika untuk mengadvokasi lingkungan yang bersih dan sehat untuk di tinggali tentunya agar anak-anak dapat tinggal nyaman di tempat tersebut.

lois gibbs lois gibbs lois gibbs lois gibbs lois gibbs lois gibbs lois gibbs

Bagikan ini: