0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Paris Good Fashion adalah inisiatif baru yang diluncurkan January lalu di Paris untuk mendorong industri mode kota untuk mengadopsi praktik yang lebih berkelanjutan. Gerakan inisiatif ini merupakan upaya untuk menyatukan para desainer, pemilik merek, dan pemangku kepentingan lainnya untuk menjadi lebih ramah lingkungan selama lima tahun ke depan dari sekarang. Tujuan jangka panjangnya adalah untuk menjadikan Paris sebagai ibukota Fashion Berkelanjutan pada tahun 2024.

 

Pejabat dan para peserta mengumumkan inisiatif tersebut di Institut Français de la Mode di Parisa. Mereka termasuk Frédéric Hocquard, wakil walikota Paris Anne Hidalgo, dan Antoinette Guhl, wakil yang bertanggung jawab atas sosial ekonomi dan solidaritas, serta mantan jurnalis mode Isabelle Lefort.

 

“Paris Good Fashion adalah komunitas terbuka yang mengelompokkan kembali para profesional fesyen, pemilik merek, pengusaha, desainer, dan pakar yang akan bekerja sama untuk membangun langkah-langkah yang dapat diambil untuk menjadikan Paris sebagai ibukota mode yang berkelanjutan,” kata Lefort.

 

Paris Good Fashion Telah dimulai sejak 2014

Mulai tahun 2014, kepemimpinan kota telah berkomitmen untuk menjadikan Paris sebagai kota yang berkelanjutan dan bertanggung jawab secara sosial, dan menempatkan lingkaran ekonomi sebagai pusat tindakan baru, menurut kantor walikota. Beberapa organisasi saat ini telah mendukung sektor mode termasuk butik yang disebut La Textilerie yang menyajikan kopi, menjual kain katun organik dan pakaian bekas, dan menawarkan lokakarya dalam upaya membantu warga Paris memikirkan kembali hubungan mereka dengan pakaian.

 

Fashion adalah bisnis besar bagi Paris. Kota ini baru-baru ini menerbitkan angka-angka sebagai berikut:

1,2 miliar euro dihabiskan untuk fashion di Paris setiap tahunnya

400 peragaan busana per tahun, 50% di antaranya adalah merek asing

27 pameran dagang yang menampung 14.000 peserta pameran, 75% di antaranya adalah merek asing

100.000 pengunjung perorangan menghadiri peragaan busana setiap tahun

 

Gerakan yang keberlanjutan untuk Paris Good Fashion diharapkan akan dirilis pada bulan Juni dalam sebuah acara dengan konferensi, penghargaan, dan kampanye daur ulang industri mode. Tanggal akhir inisiatif ini bertepatan dengan Olimpiade Musim Panas 2024 yang dijadwalkan berlangsung di Paris, Perancis.

 

Para Pendukung Paris Good Fashion

Selain pejabat kota, peserta inisiatif termasuk L’Institut Français de la Mode, Fédération de la Haute Couture dan Mode, Eyes on Talent, Ellen McArthur Foundation, LVMH, the Galeries Lafayette dan Les Ateliers de Paris.

 

“Peran kami adalah untuk mendorong penciptaan sambil berjuang melawan perubahan iklim, untuk melanjutkan produksi di Prancis namun tetap melindungi sumber daya alam dan mengembangkan industri kami sambil mencari pengrajin kami,” kata Antoinette Guhl. “Saya harap hari ini menandai awal dari gerakan kolektif dalam industri fashion.”

 

Hal ini tentunya merupakan kabar baik bagi pecinta gaya mode yang sadar lingkungan. Inisiatif  yang diluncurkan pada 28 Januari, Paris Good Fashion akan bekerja untuk menjadikan Paris, rumah adibusana dan tempat kelahiran modern yang siap pakai, sebagai ibukota internasional untuk mode berkelanjutan yang baru pada tahun 2024.

 

paris good fashion paris good fashion paris good fashion paris good fashion

Bagikan ini: