0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Restoran tanpa limbah di Inggris mampu membuktikan bahwa sebuah restoran berbintang mampu menghasilkan sajian berkualitas tanpa perlu membuang bahan pangan berlebih sehingga mengakibatkan sampah. Sejauh ini seperti kita ketahui bersama bahwa sampah makanan dari restoran sering dikritik sebagai salah satu pemborosan yang paling sering terjadi dan memberikan dampak buruk bagi lingkugan.

 

Berikut adalah daftar restoran yang sangat peduli terhadap lingkungan dan merupakan restoran yang berusaha untuk tidak menghasilkan sampah.

 

Daftar Restoran Tanpa Limbah di Inggris

Silo

Restoran ini mempunyai tagline “satu-satunya restoran yang benar-benar tanpa limbah” di Inggris, dan Silo berhak mendapatkan reputasi sebagai pionirnya. Restoran yang apik ini terletak di pusat Green Brighton dan telah berhasil menghilangkan limbah dengan membuat kompos setiap sisa makanan langsung di tempat.

 

Tim Silo juga menghancurkan semua limbah berupa kaca untuk pembuat keramik lokal mereka untuk membuat keramik yang indah untuk para pengunjung dan semua yang ada telah di daur dan di olah ulang. Restoran ini selalu mencari bahan-bahan dari lokal, dan daftar menu mencerminkan musim dan dibagi antara ‘tanaman’ atau ‘omnivora’ untuk memuaskan setiap jenis diet. Untuk bahan-bahannya, Silo memulai setiap hidangan dengan Sourdough yang terkenal, roti yang dibuat menggunakan teknik kuno dan disajikan dengan mentega yang baru saja diaduk dari krim lokal organik yang pekat pada hari yang sama.

 

Sumber makanan terdapat tatanan alam dan menekankan pentingnya dapur yang berkelanjutan, bukan sebagai tren semata tetapi mentalitas. Pengawetan adalah yang terpenting di sini juga fermentasi. Restoran ini juga berafiliasi dengan botanical brewery Old Tree, yang memproduksi minuman yang terbuat dari tanaman yang difermentasi, herbal, sayuran, dan juga buah-buahan.

restoran tanpa limbah di inggris

Silo

 

Daftar Tambahan Restoran Tanpa Limbah di Inggris

Sat Bains

Terletak tak jauh dari Nottingham, restoran berbintang Michelin ini tentunya tidak boleh dilewatkan. Chef Sat Bains telah mempertahankan kebunnya sendiri dan rumah kaca di luar restoran. Hal ini juga merupakan cara yang baik untuk menghindari transportasi, pengemasan dan kelebihan pasokan sehingga pengunjung dapat melihat apa yang akan terdapat  di taman dan pindah ke piring mereka. Untuk benar-benar menunjukkan kepedulian terhadap bebas sampah, Bains menggunakan komposter khusus untuk memasak sisa makanan, dan meninggalkan bahan kering yang dapat digunakan sebagai kompos.

restoran tanpa limbah di inggris

Sat Bains

 

Arbor

Terletak di Green House Hotel di Bournemouth, tim Arbor dengan hati-hati mengontrol produk mereka selain itu juga mengundang para tamu untuk membawa pulang sisa makanan dan memesan produk setiap hari untuk menghindari surplus makanan. Bahkan chef Andy Hilton mengikuti etos ‘hidung ke ekor’ dengan memastikan bahwa sebagian besar produk diubah menjadi resep lezat. Dari panel panas matahari hingga peralatan dapur dan pencahayaan rendah energi, seluruh tempat juga disiapkan untuk mematuhi filosofi yang berkelanjutan.Sungguh menawan, bukan ?

restoran tanpa limbah di inggris

Arbor

 

Rovi

Restora terbaru dari Ottolenghi di Fitzrovia menyajikan menu dengan sayuran sebagai fokus utama, menggunakan fermentasi dan api untuk membumbui dan memasak. Restoran mendaur ulang energi panas dari dapur untuk memanaskan ruangan. Serta menggunakan kembali sisa-sisa yang tersisa untuk membuat minuman, mempunyai persediaan sayuran yang banyak variasi, dan koktail botani. Bahan-bahannya secara berkelanjutan bersumber dari buah dan sayuran dari pertanian biodynamic di Sussex dan Koperasi London lokal, belum lagi daftar anggur intervensi dinamis dan rendah yang bersumber dari produsen batch kecil.

restoran tanpa limbah di inggris

Rovi

 

Bean & Wheat

Chef Adam Handling telah menempatkan inovasi dan zero-waste di garis depan dari dua restoran Frog-nya sejak Juni 2016. Sebagai tambahan baru untuk grup, Handling baru-baru ini membuka Bean & Wheat, kedai kopi dan toko makanan yang berasal dari potongan-potongan sisa dan produk sampingan dari Frog Kitchen. Para tamu juga dapat mencicipi jus dingin yang dibuat dengan menggunakan buah dan sayuran yang ditolak oleh restoran lain karena buah tersebut sudah tidak berbentuk.

 

Demikian daftar restoran tanpa limbah di Inggris yang bisa Anda kunjungi jika kebetulan sedang berada di negara tersebut. Selamat mencoba.

restoran tanpa limbah di inggris

Bean & Wheat

 

Bagikan ini: