0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Jan Bredack, pria kelahiran 24 April 1972 di Salzwedel ,Jerman adalah seorang pengusaha dari Jerman. Dia adalah mantan manager dari Mercedes Benz dan merupakan pendiri dan CEO Veganz, supermarket untuk produk 100 persen berbasis tanaman , tanpa ada produk hewani satu pun. Begitu selesai kuliah, ia mulai meroket di industri otomotif. Setelah jatuhnya Tembok Berlin, ia mulai bekerja di dalam Grup Daimler, dan ditugaskan untuk mengatur fungsi layanan pelanggan di dalam divisi truk.

 

Bredack menyelesaikan gelar MBA di salah satu sekolah bisnis terkemuka di Eropa yaitu Universitas St. Gallen di Swiss. Dia kemudian dipromosikan menjadi Kepala Penjualan dan Layanan untuk Kendaraan Komersial di Jerman dan mengelola lebih dari 24.000 karyawan. Saat itu, usianya masih sangat muda yaitu baru berumur 30 tahun. Karirnya yang lain adalah mendirikan pabrik kendaraan komersial Rusia pertama dan ia mendirikan organisasi penjualan lokal untuk grup di Tatarstan tersebut.

 

Asal Muasal Ide Jan Bredack Membuka Supermarket Veganz

Tahun 2008 adalah tahun ia merasakan puncak stress dan ia menyadari bahwa ia harus membuat beberapa perubahan radikal dalam hidupnya. Ia menjadi vegan setelah jatuh cinta dengan seorang wanita yang merupakan seorang vegatarian. Ia lalu  mencoba mengikuti gaya hidup kekasihnya sebagai seorang vegetarian dan segera setelah itu menjadi seorang vegan. Saat itu ia sering merasa kebingungan dan merasa kesulitan mencari makanan vegan di saat harus ke supermarket berbelanja.

 

Di tengah kebingunganya itulah membuatnya muncul ide untuk membuka supermarket yang khusus vegan. Ia akhirnya menemukan lokasi yang cocok di Berlin, menemukan investor, pegawai yang siap bekerja, dan produk siap jual dan pada awal musim semi tahun 2011 toko Veganz pertama di buka di Prenzlauer Berg di Berlin. Ini merupakan supermarket pertama di dunia yang menjual 100 persen bahan vegetarian.

 

Pada awalnya mereka berhasil membuka toko di enam kota di Jerman, selain Praha dan Wina. Selain menjual bahan makanan kepada masyarakat langsung, Veganz merupakan distributor produk vegan terbesar di seluruh pasar Jerman. Pada tahun 2014, perusahaan ini masuk sebagai finalis untuk Penghargaan Pengusaha Jerman dan pada akhir 2014, Bredack terpilih menjadi Person of the Year oleh PETA Jerman yang merupakan organisasi pencinta dan pelindung binatang.

 

Mengapa Supermarket Veganz yang dimiliki Oleh Jan Bredack Tutup ?

Kabar buruk menimpa supermarket Veganz karena akan menutup setidaknya empat dari sembilan cabangnya setelah mengumumkan pengajuan prosedur kebangkrutan pada bulan Desember tahun 2016. Hal ini terjadi karena kurangnya minat dari para pembeli. Jan yang merupakan seorang mantan pemakan daging menerangkan bahwa Veganz tidak bertujuan untuk mengubah dunia menjadi vegan, tetapi hanya untuk membuat gaya hidup vegan menjadi mungkin bagi semua orang tanpa perlu berusaha keras. Faktanya, 80 persen pelanggan  yang datang ke supermarketnya bukan vegan atau vegetarian. “Saya melakukannya karena itu datang dari hati. Uang bukanlah motivasi, tetapi saya ingin melakukan sesuatu yang baik dalam hidup ini, ”tambahnya.

 

Walau pun supermarket mengajukan prosedur kebangkrutan, perusahaan induk Veganz GmbH tidak akan terpengaruh dan tidak ikut bangkrut. Sebagai gantinya Jan Bredack berencana untuk memfokuskan usahanya pada grosir dan katering dan  bekerja sebagai pemasok rantai utama untuk Perusahaan Metro dan Famila.

 

jan bredack jan bredack jan bredack jan bredack

Bagikan ini: