0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

“Leornado DiCaprio” jika mendengar kata ini pasti yang terlintas di pikiran Anda adalah sosok pria berwajah tampan, berambut coklat, bermata indah, dan senyumnya yang menawan serta berprofesi sebagai aktor Hollywood yang terkenal.

 

Benar saja, kali ini kita akan membahas Leonardo DiCaprio, seorang aktor Hollywood yang berasal dari Amerika Serikat. Leonardo DiCaprio adalah anak dari pasangan George yang berdarah Italia dan Imerlin yang berasal dari Jerman.

 

Leonardo DiCaprio lahir di Los Angeles, 11 November 1974. Karena sangat mengagumi Leonardo Da Vinci, Imerlin memberikan nama untuk anaknya sama seperti idolanya, yaitu Leonardo. Dengan nama lengkap Leonardo Wilhelm DiCaprio.

 

Namun perlu diketahui, kiprah Leonardo tidak hanya di dunia seni peran. Ia juga dikenal sebagai aktivis lingkungan.Menurut Leonardo, masalah lingkungan hidup, terutama pemanasan global, adalah satu hal yang pasti terjadi dan hal tersebut adalah masalah yang sangat menakutkan.

 

Dalam sebuah wawancara, Leonardo mengatakan, “Saya termasuk orang yang terobsesi pada masalah lingkungan hidup. Alam adalah gairah terbesar saya. Saya lebih aktif lagi sebagai pemerhati lingkungan, hal tersebut adalah panggilan hati”.

 

“Sejak remaja, saya juga sudah terpesona dengan alam, bahkan saya bercita-cita menjadi seorang ahli biologi kelautan”, ungkap Leonardo.

 

Karena kepeduliannya, Leonardo sering melanglang buana ke berbagai pelosok dunia demi misinya. Hal ini bahkan membawanya ke Indonesia pada tahun 2016 lalu, Leonardo bersama rekannya sesama aktor, Adrien Brody, mengunjungi kawasan pelestarian alam yang terletak di Sumatra. Ia, menyuarakan keprihatinan mengenai habitat orangutan, gajah, dan binatang lain yang terus terjajah akibat kegiatan manusia.

 

Ternyata ada banyak kegiatan Leonardo DiCaprio yang kita tidak ketahui atas kepeduliannya terhadap lingkungan. Berikut ini, ada beberapa aksi yang telah dilakukan Leonardo DiCaprio sebagai seorang aktivis lingkungan.

 

1.Yayasan Leonardo DiCaprio

Pada tahun 1998 Leonardo bertemu dan berdiskusi dengan politikus dan para aktivis lingkungan Al Gore. Diskusi ini, pendorong Leonardo masuk ke dunia aktivis lingkungan.

 

Di tahun 1998 ini, Ia juga mendirikan Yayasan Leonardo DiCaprio. Yayasan ini bertujuan untuk melindungi habitat asli flora dan fauna dunia. Yayasan ini melakukan pemberian serta kampanye untuk mendukung pelestarian lingkungan.

 

2.Mengembalikan Kondisi Asli Pulau

Beberapa tahun lalu, Leonardo baru saja memiliki sebuah Pulau, Pulau tersebut bernama Pulau Blackadore Caye yang terletak di Amerika Selatan. Ia bersama partnernya berencana untuk membangun resort di pulau tersebut, namun tujuannya tak hanya bisnis belaka.

Karena mengalami deforestasi hutan mangrove dan erosi di garis pantainya, Leonardo ingin mengembalikan kondisi lingkungan Pulau Blackadore Caye, sekaligus menggerakan kegiatan perekonomian dalam pulau ini.

 

3.Duta PBB

Tahun 2014, Leonardo DiCaprio terpilih sebagai duta perdamaian PBB. Ia dinilai sebagai satu sosok yang tepat untuk menyuarakan masalah gobal.

Leonardo DiCaprio mengatakan bahwa, “Perubahan iklim adalah isu paling penting saat ini. Menyelesaikannya pun, bukan perkara kecil. Ini adalah titik kritis di mana kita melihat efek perubahan iklim terjadi pada diri kita” ujar Leonardo DiCaprio kala itu.

 

4.Summit Tiger Recovery Plan (Rencana Pemulihan Harimau Pegunungan)

Dalam seabad ini, populasi harimau di Rusia menukik tajam, dari 100.000 ekor menjadi 3.500 ekor. Dan diperkirakan populasi harimau di Rusia, benar-benar terhapus dalam 20 tahun mendatang.

Sejumlah pihak turun tangan untuk membantu keberlangsungan hidup harimau. Salah satunya, adalah Leonardo DiCaprio, yang menyumbang sebesar US$1 juta dolar pada tahun 2010.

 

5.Leonardo DiCaprio turun ke jalan demi keikut sertaannya dalam mengkampanyekan bahaya perubahan iklim

Leonardo DiCaprio tak ragu untuk berbaur ke jalan demi meneriakkan soal bahaya perubahan iklim. Tahun 2014, Ia bergabung bersama 400.000 demonstran di jalanan Manhattan, New York City, dalam satu aksi damai soal perubahan iklim.

 

Enric Sala dari National Geographic menyebutkan bahwa Leonardo DiCaprio adalah orang dengan pengaruh besar dalam kampanye mengenai perubahan iklim.

 

“Dia memiliki corong yang tak dimiliki manusia lain. Dia dihormati, dipuji, dan memilik pengaruh di seluruh dunia, baik publik umum sampai kepala negara. Apa yang Ia katakan, orang akan mendengarkan,” kata Sala.

 

6.Jejak Karbon Netral

Leonardo DiCaprio berusaha menjadi penduduk dengan jejak karbon netral. Artinya, emisi karbon dioksida ditinggalkan dari kegiatan Leonardo DiCaprio, Ia mengeluarkan 11 ton karbon dioksida per tahunnya  dengan menanam sejumlah pohon dan bekerja sama pada perusahaan Future Forests.

 

Dengan sosok yang hampir sempurna, ditambah dengan sikap pencinta lingkungan sejati, Leonardo DiCaprio patut menjadi contoh yang baik buat kalian yang ingin ikut berpartisipasi menjaga lingkungan.

 

leonardo dicaprio leonardo dicaprio leonardo dicaprio leonardo dicaprio

Bagikan ini: