0062 8119985858 info@sarahbeekmans.co.id

Naica Mine adalah nama tempat penambangan kristal yang terdapat di Chihuahua, negara bagian Meksiko., tepatnya di Naica, kota Saucillo. Ada beberapa tambangan di Naica, yaitu timbal (Pb), seng (Zn), dan silver (Ag). Kesemua tambangan itu dioperasikan oleh Industrias Penoles yang merupakan produsen timbal terbesar di Meksiko.

 

Negara tempat Naica Mine berada dikenal sebagai negara yang cantik dan memiliki banyak pemandangan alam yang menakjubkan. Selain menjadi tempat terdapatnya sungai di bawah air, negara ini juga memiliki Gua Kristal yang pasalnya adalah gua dengan kristal terbesar tertanam di dalamnya. Gua ini memproduksi kristal dengan ukuran yang super besar sehingga mampu mengerdilkan manusia yang masuk ke area itu.

 

Gua ini pertama kali ditemukan saat proses penambangan sedang berlangsung. Kala itu penambang yang yang sedang menambang di area tambang baru justru malah menemukan gua yang spektakuler tersebut. Setelah penemuan itu, gua tertutup untuk umum dan jadi benar-benar sangat tertutup setelah para pekerja berusaha masuk ke gua untuk mencuri beberapa kristal yang terkandung di dalam gua. Mereka yang masuk ke dalam gua bukannya mendapat harta malah kehilangan nyawa karena terserang sesak napas dan akhirnya meninggal akibat kondisi dan atmosfer gua yang sangat tidak ramah.

 

Di dalam Gua Kristal terkandung kristal selenite (gipsum) berdiameter 1,2 m (4 kaki) dan panjangnya mencapai 15 m. Gua tersebut terhubung dengan Naica Mine sepanjang 300m di bawah permukaan Naica. Ketika keberadaan gua itu terkuak, Penoles mengumumkan pada bulan Oktober 2015 lalu bahwa mereka akan menunda pengoperasian tambang di Naica Mine selama waktu yang tidak berbatas.

 

Kristal selenite natural yang ada dalam Gua Kristal adalah yang terbesar yang pernah ditemukan. Kristal-kristal tersebut muncul disebabkan oleh cairan hidrotermal yang berasal dari bilik magma bawah memanaskan air bawah tanah ke level di mana air tersebut disaturasi dengan mineral. Air mineral tersaturasi yang terkandung dan suhu di dalam bilik yang relatif stabil membuat kristal tumbuh hingga mencapai rekor ukuran baru.

 

Baru-baru ini disinyalir bahwa suhu tertinggi di dalam gua berkisar 40 o-58o C (136o F) dengan kelembapan mencapai 90-100%. Kondisi tersebut membuat laju pernapasan manusia terganggu dan meningkatkan risiko kekurangan oksigen. Oleh karena itu, untuk dapat masuk dan bertahan dalam gua dibutuhkan baju khusus dan perlindungan yang tepat. Tanpa itu semua manusia tidak akan bisa bertahan lebih dari dua jam atau bahkan hanya bisa bertahan selama 10 menit saja.

 

Para peneliti memulai studi mereka akan gua ini sejak tahun 2001 dan berlanjut hingga mendapat konfirmasi bahwa Gua Kristal boleh dibanjiri air lagi pada tahun 2017 lalu. Setelah penelitian dirasa cukup, beberapa bilik akan diizinkan untuk diari lagi dan proses pertumbuhan kristal dapat berlanjut kembali. Sebelumnya perusahaan penambangan memompa air keluar dari gua agar peneliti dapat leluasa membuat dokumen dan mempelajari pembentukan mineral raksasa di dalam Gua Kristal.

 

Penelitian gua ini mendapati kesimpulan bahwa dengan bantuan penggunaan uranium dating (salah satu skema penanggalan radiometric tertua dan tersempurnakan), para ilmuwan dapat menentukan umur kristal yang sudah berusia 500.000 tahun. Lebih menariknya lagi, belum lama ini Dr. Penelope Boston dari Institut Astrobiologi NASA berhasil mengisolasi mikroba yang tertidur di dalam kristal dan menghidupkannya kembali.

 

Setelah diteliti, ternyata mikroba tersebut telah berumur setidaknya 10.000 tahun dan mungkin mencapai 50.000. Ini tentunya sangat menarik bagi ilmuwan yang ingin mempelajari lebih dalam tentang mikroba spesial tersebut karena dapat beradaptasi dengan kondisi sulit seperti itu. NASA berasumsi bahwa lingkungan itu mungkin mirip dengan kondisi sulit di planet lain dalam sistem tata surya. Didapat pula sedikit petunjuk dari penemuan itu tentang organisme tertentu mungkin dapat berkembang di bawah tanah di ketiadaan cahaya.

 

Penemuan demi penemuan yang didapat di Naica Mine, terutama Gua Kristal terus-menerus membuat masyarakat dunia tercengang. Tempat ini menjadi sangat menarik untuk dipelajari lebih dalam lagi. Oleh karena itu, sebagai lingkungan yang sarat ilmu, Naica Mine perlu dijaga kelestarian lingkungannya.

 

naica mine naica mine naica mine naica mine

Bagikan ini: